Tips mengahadapi HARBOLNAS bulan ini!

By Arjun Toraya - November 12, 2019



Jangan Mudah tergiur diskon Harbolnas

Tepat tanggal 11 November kemarin situs-situs jual beli online sedang ramai-ramainya diserbu oleh para pembeli, ini tidak terlepas dari momen Hari Belanja Online Nasional atau HARBOLNAS 11.11 . Momen ini digagas oleh perusahaan-perusahaan e-commerce yang langsung booming di masyarakat. Harbolnas biasanya diadakan ditanggal-tanggal cantik di setiap bulannya, seperti 10.10 yang menandakan tanggal 10 bulan 10 atau 11.11 yang dilaksanakan tanggal 11 bulan 11 maupun Harbolnas 12.12 yang akan berlangsung pada tanggal 12 di bulan Desember.

Perusahaan-Perusahaan E-commerce selalu gencar mengingatkan masyarakat untuk menunggu momen yang katanya "Jangan sampai dilewatkan" yang akan menawarkan diskon besar-besaran untuk banyak produk dengan promo-promo yang bikin gelap mata karna tergiur untuk segera mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang "lebih murah".

Tapi benarkah Harbolnas memang semenggiurkan itu?

Mengacu pada pengalaman saya sendiri, saya merasa bahwa tidak semua promo dan barang yang ditawarkan saat Harbolnas benar-benar dalam kategori diskon besar-besaran. Barang yang sudah di labeli dengan promo dan diskon tertentu ternyata sudah mengalami kenaikan harga sebelumnya, sehingga harga barang tersebut setelah diskon tidak terlalu berbeda jauh dengan harga-harga diluar Harbolnas.

Namun banyak kesempatan yang menguntungkan bagi kita sebagai konsumen untuk mendapatkan barang dengan harga yang sesuai kantong pada saat Harbolnas berlangsung.

Beli barang karna kebutuhan atau kejar Harbolnas?


Nah ini yang perlu kita tanyakan pada diri masing-masing. Efek Psikologi dari mendengar kata diskon atau promo adalah ingin segera membeli barang tersebut sebelum kehabisan, terkadang keinginan kita untuk membeli suatu barang malah bertambah saat mengetahui bahwa harga dari barang-barang lain juga mengalami diskon atau promo besar.

Jebakan-jebakan promo dan diskon yang ditawarkan akan lebih muda menjerat kita bila tidak dipikirkan matang-matang, alhasil barang yang mungkin tidak terlalu perlu akan membuat kita menaikkan pengeluaran yang lebih banyak.

Tips berbelanja di Harbolnas

Sebelum kalian mulai memutuskan berbelanja mungkin tips-tips dari saya ini bisa di pertimbangkan:

1. Membuat list

Sebelum mencari barang yang diinginkan ada baiknya kita membuat daftar barang yang akan dibeli beberapa hari sebelum Harbolnas. Daftar tersebut nantinya akan memudahkan kita untuk mengatur pengeluaran belanja barang dan menjadi prioritas bukannya malas terhipnotis untuk berbelanja kebutuhan lainnya.

2.Melakukan Perbandingan Harga
Seperti yang saya jelaskan diatas, jangan sampai karna gelap mata melihat angka-angka diskon yang tinggi sehingga kita tidak jeli melihat perbedaan harga barang yang ditawarkan dari produk-produk tersebut. Ada baiknya membandingkan harga barang di hari normal dan harga barang saat harbolnas. 

3.Cari di Beberapa toko online
Saat Harbolnas berlangsung biasanya akan ada beberapa Perusahaan-Perusahaan e-commerce yang ikut meramaikan dengan penawaran harga murahnya, jadi sebaiknya jangan hanya fokus mencari barang di salah satu Toko online tersebut tapi juga mengecek harga-harga di toko lainnya, dengan ini kita bisa mendapatkan harga termurah dan diskon-diskon terbaik.

Tidak dapat dipungkiri pergeseran arus jual beli dari Toko Konvensional ke Toko online akan selalu memudahkan konsumen sehingga lebih disukai, ini bisa jadi kesempatan buat kita untuk mendapatkan harga terbaik untuk setiap barang yang kita inginkan.

Selamat Berbelanja!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

"Budayakan meninggalkan komentar yang baik dengan memperhatikan bahasa-bahasa yang digunakan :) "