Pengalaman Mengurus Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit dan Puskesmas

By Arjun Toraya - November 12, 2019

Surat Keterangan Sehat

Pagi ini saya selesai membuat surat keterangan sehat dari Puskesmas yang berada tepat di Kelurahan saya. Sebelumnya Tahun lalu saya sudah membuat Surat Keterangan Sehat langsung dari Rumah Sakit namu karena alasan mendadak saya memilih untuk membuatnya di Puskesmas terdekat saat ini.

Persyaratan untuk memasukkan surat lamaran kerja yang membutuhkan Surat Keterangan Sehat sudah menjadi salah satu persyaratan utama yang diharuskan oleh beberapa Perusahaan, kebetulan alasan ini juga bagi saya untuk membuatnya.

Sebenarnya sehari sebelumnya yaitu kemarin saya sudah akan membuatnya namun karena lupa membawa persyaratan yaitu Pas Foto 2 lembar saya harus kembali pagi ini.

Sebenarnya membuat Surat Keterangan Sehat sangatlah muda, cukup datang ke Rumah Sakita atau Puskesmas terdekat maka dalam satu hari saja surat tersebut sudah ada ditangan. Yang kita harus siapkan hanyalah 2 lembar (terkadangyang dibutuhkan hanya 1 lembar) dari Pas Foto ukuran 3  x 4 dan KTP asli.

Setelah mempersiapkannya kita langsung mendaftar dan menunggu panggilan untuk Medical Check Up atau Tes kesehatan yang diperlukan. Petugas Kesehatan akan menanyakan apa keperluan kita untuk membuat Surat Keteran Sehat. Tes yang harus di lakukan diantaranya adalah Melakukan cek Tensi darah dan detak jantung, Pengukuran tinggi dan berat badan serta terkadang Dokter akan menanyakan riwayat penyakit yang kita miliki jika ada.

Berdasarkan pengalaman saya mengurus Surat Kesehatan di Puskesmas lebih mudah daripada di Rumah Sakit hal ini tentu karna manajemen Puskesmas lebih simpel daripada Rumah Sakit. Namun ada juga beberapa Instansi atau Perusahaan yang mengharuskan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit bukan Puskesmas, hal ini karena Surat Keterangan yang diurus dari Rumah Sakit dianggap lebih valid dan lengkap.

Sedikit Tips untuk kalian sebelum melakukan Medical Check Up atau Mengurus Surat Keterangan Sehat:


1. Datanglah lebih awal, biasanya ada banyak orang yang juga akan melakukan tes kesehatan sehingga saat kita datang terlambat butuh waktu antrian yang lebih lama. Jam 7 atau jam 8 menurut saya waktu yang tepat untuk mendaftar.

2.Kondisi Tubuh yang Fit dan Prima, Usahakan paling sedikit satu atau dua hari sebelum melakukan Tes Kesehatan untuk benar-benar menjaga kesehatan dan kondisi badan karna ini akan mempengaruhi hasil tes nantinya. Tidur cukup dan minum yang secukupnya bisa menjadi hal simpel yang baik dilakukan sebelum tes.

Jadi ini sedikit pengalaman saya untuk kalian yang berencana akan melakukan Medical Check Up atau mengurus Surat Keterangan Sehat, Semoga bisa membantu.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

"Budayakan meninggalkan komentar yang baik dengan memperhatikan bahasa-bahasa yang digunakan :) "