Kenapa Sangkar Burung Harus Ditutup Saat Dibawa Pergi ? Ini Alasannya

By Arjun Toraya - December 07, 2017

Sobat pasti pernah melihat saat burung akan dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain maka sangkar tempat burung tersebut akan ditutupi semacam kain. Mungkin sobat pernah bertanya-tanya apa maksud sangkar tersebut ditutupi dan apakah manfaatnya bagi si burung?

Kerodong
kaskus.co.id


Saya juga sempat bertanya-tanya, karena rasa penasaran saya yang tinggi saya kemudian browsing dan mencari-cari info tersebut serta bertanya kepada si mbah yang paling tau segalanya, siapa lagi kalau bukan mbah google hehe.. Setelah membaca halaman demi  halaman akhirnya berkat bantuan para ahli perburungan *emang bener namanya tuh* saya mengetahui maksud dan tujuan dari ditutupnya sangkar burung tersebut, oiya sekedar info kain untuk menutup sangkar burung ini namanya adalah Kerodong, namanya sebenarnya diambil dari kata kerudung. Jadi inilah alasan kenapa sangkar burung harus ditutup saat akan dipindahkan khususnya jika menggunakan kendaraan yang terbuka seperti motor :

1). Sangkar burung ditutup agar si burung tidak mengalami stres

Jadi ternyata alasan utama kenapa sangkar burung harus ditutupi adalah untuk mencegah burung tersebut mengalami stres. Ternyata burung bisa stres juga ya ehehe, hal ini karena burung harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga terkadang hal tersebut akan membuat burung menjadi stres. Hal ini bisa juga terjadi karena selama perjalanan banyak pemandangan-pemandangan baru bagi si burung yang bisa membuat burung tersebut merasa cemas karena lingkungan yang terlihat asing baginya.

2). Sangkar burung ditutup agar terhindar dari panas matahari dan hujan


Salah satu manfaat dari pemasangan kerodong adalah agar saat dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain burung dapat terlindungi dari panas matahari dan hujan secara langsung, ini penting untuk menjaga kesehatan burung yang berada didalam sangkar. Selain panas dan hujan, debu juga dapat menjadi salah satu masalah kesehatan bagi burung sehingga pemasangan kerodong dapat menghindarkan burung dari debu dan abu selama proses pemindahan

3). Pemasangan Kerodong sebagai alat untuk menjaga suhu dalam sangkar

Kerodong sangkar burung
burungkicaunusantara.blogspot.com
Dan yang terakhir tujuan dari pemasangan kerodong atau kain penutup sangkar adalah agar suhu didalam sangkar dapat terjaga dengan baik sesuai dengan suhu yang biasa dirasakan oleh si burung tersebut.

Nah itulah tujuan kenapa sangkar burung harus ditutupi saat akan dipindahkan. Kerodong juga tidak hanya digunakan saat burung dipindahkan namun juga dapat digunakan sehari-hari untuk tujuan tertentu seperti menjaga si burung dari gangguan predator ataupun hiasan bagi sangkar burung. Maka dari itu jangan lupa untuk menjaga kebersihan dari kerodong burung agar burung yang sobat miliki selalu mendapatkan sangkar yang nyaman.





  • Share:

You Might Also Like

0 comments

"Budayakan meninggalkan komentar yang baik dengan memperhatikan bahasa-bahasa yang digunakan :) "