Pesatnya Perkembangan Internet Marketing di Kalangan Pelaku Usaha di Indonesia

By Arjun Toraya - November 21, 2017


    Seperti yang kita perhatikan beberapa tahun belakangan penggunaan Internet Marketing dalam memasaran dan mempromosikan sebuah produk begitu luas dan banyak diterapkan. Hal ini sebenarnya tidak terlalu mengagetkan mengingat bahwa pangsa pasar atau konsumen yang dibidik melalui Internet Marketing bisa dikatakan sangat besar. Bayangkan saja pengguna Internet di tanah air pada tahun 2016 kemarin berjumlah 88,1 juta! bisa dibayangkan betapa powerfullnya hasil dari sebuah pemasaran melalui Internet jika dilihat dari jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2016 saja.

    Jika pada tahun 2016 kita disuguhkan dengan fakta bahwa begitu besarnya jumlah pengguna internet di tanah air maka saat ini pada tahun 2017 dilansir oleh sebuah perusahaan riset We Are Social, kita akan lebih takjub lagi melihat pertumbuhan jumlah pengguna internet yang mengalami kenaikan sebesar 51% menjadi 132,7 juta pengguna!     

   
    Dengan data ini bisa disimpulkan mengapa saat ini Internet Marketing adalah sebuah cara marketing yang benar-benar mengambil tempat di kalangan para pebisnis di Indonesia khususnya yang berjalan sebagai bisnis online. Sekarang saja kita bisa melihat begitu banyaknya muncul para pelaku bisnis online mulai dari kalangan pelajar sampai kepada mereka yang telah lama terjun sebagai seorang pengusaha, hal ini tidak dari mindset para pebisnis muda melihat peluang usaha yang terbuka lebar dalam menjalankan bisnis online mereka. Bahkan para Pengusaha besar kini ikut melakukan pemasaran barang dan jasa mereka dengan cara online, sehingga Internet Marketing bukan hanya diterapkan oleh pada pelaku usaha pemula melainkan telah ikut menarik minat bagi semua kalangan dunia pelaku usaha.


    Beberapa hal yang menjadi favorit para pelaku bisnis online dalam melakukan pemasaran dan promosi melalui Internet antara lain adalah:

1.Jumlah target pasar yang besar.


    Sebelumnya kita telah melihat data pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia yang sangat besar ,yang mana pada akhirnya akan mendorong para pelaku bisnis untuk memasarkan produk dan jasa mereka karena dinilai lebih memberikan kesempatan yang lebih besar. Sosial Media seperti Facebook, Instagram maupun Twitter menjadi salah satu tempat favorit bagi penerapan Pemasaran lewat media internet karena pertimbangan dari jumlah pengguna yang cukup besar. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa Internet marketing begitu berkembang dengan pesat saat ini.

2. Jangkauan yang "Tak terbatas"

    Di Jaman era digital seperti saat ini bisa dikatakan semua orang sudah saling terhubung satu sama lain. Dari kalangan muda hingga tua dan dari desa-desa sampai pada daerah metropolitan pengaruh internet telah menjangkaunya, apalagi saat ini Perusahaan-perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia semakin gencar dalam melakukan pengembangan Jaringan Internet mereka hingga ke Pelosok-pelosok negeri dalam upaya mendukung pemerintah memeratakan akses telekomunikasi di seluruh Indonesia. Jangkauan yang semakin luas ini menjadi salah satu faktor yang mendorong orang dalam melakukan Internet Marketing karena dinilai dapat memberikan pangsa pasar yang lebih besar dan luas lebih beragam.

3. Biaya Pemasaran yang lebih murah bahkan Gratis

    Nah bagi para pelaku usaha pemula poin nomor 3 ini merupakan hal yang paling disukai, biasanya mereka yang baru dalam dunia usaha khususnya yang bergerak dalam usaha kecil dan menengah tidak memiliki modal yang begitu besar dalam melakukan pemasaran produk-produk yang mereka tawarkan, sehingga Internet Marketing menjadi solusi yang sangat membantu dalam menutupi persoalan mereka tersebut. Pebisnis bukan hanya dapat mempromosikan barang-barang mereka dengan murah tetapi juga bahkan tanpa harus mengeluarkan biaya seperpun, seperti contohnya dalam penggunaan sosial media sebagai media promosi.
Dan beberapa keuntungan lainnya yang membuat orang-orang untuk melakukan pemasaran atau promosi melalui Internet Marketing seperti Akses yang lebih cepat dan penggunaan ruang yang bisa diminimalkan.


    Setelah memahami berbagai potensi tersebut maka kita dapat mengatakan bahwa kedepannya perkembangan dari Internet Marketing akan semakin besar dan luas di masyarakat Indonesia bahkan para pelaku bisnis yang tidak ikut dalam melakukan Internet marketing dinilai akan makin tergerus seiring dengan perubahan mindset dunia usaha saat ini.

  • Share:

You Might Also Like

7 comments

  1. kaya penelitian gan judul nya kerenn

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Emang sih udah kelihatan, lagian klo bisnis baru trus langsung Internet Marketing lebih cpat tersebarnya mas daripada cara konvensional

    ReplyDelete
  4. hmm dunia sudah memasuki era internet.. wajar saja jika skrng apapun lebih efektif jika di lakukan melalui internet.. nice artikel gan ..

    ReplyDelete
  5. mantap postingannya...
    mampir juga di https://adi-kudajantan.blogspot.com/

    ReplyDelete

"Budayakan meninggalkan komentar yang baik dengan memperhatikan bahasa-bahasa yang digunakan :) "